Bengkalis

Bayi Gajah Sumatera Lahir di Balairaja Kabupaten Bengkalis Riau

 
PORTALBUANA.COM. Duri, 18 Januari 2018, Kabar bahagia datang dari Balairaja Kab Bengkalis, Gajah Sumatera (Elephanus Maximus Sumateranus) yang merupakan hewan endemik sumatera dan sudah berada di garis merah menuju kepunahan akhirnya bisa bertahan dan menambah populasi dengan lahirnya seekor bayi gajah dari induk yang bernama Seruni. Ini merupakan angin segar bagi dunia konservasi terutama konservasi gajah sumatera.
 
Awal diketahuinya kelahiran Gajah liar ini ditemukan di area Hutan Suaka Margasatwa Balairaja oleh team monitoring Rimba Satwa Foundation (RSF) pada tanggal 9 januari 2018, team terus melakukan monitoring secara intensif sampai akhirnya tanggal 16 januari 2018 team menemukan rombongan gajah bersama satu ekor bayi gajah. Kami langsung menyampaikan kabar bahagia ini kepada BKKSDA Riau dan BKKSDA pun sangat antusias mendengar kabar bahagia ini “ungkap Zulhusni Syukri kepada Portalbuana.
 
 
Zulhusni juga mengatakan bahwa RSF akan terus melakukan monitoring secara intensif untuk beberapa hari kedepan karena keberadaan rombongan gajah saat ini berada di sekitaran perkebunan penduduk, dan sudah memakan beberapa tanaman penduduk, di khawatirkan jangan sampai terjadi konflik antara manusia dan gajah. Dan kita juga akan mendampingi masyarakat agar rombongan gajah ini bisa kita giring ke dalam hutan talang yang berada disekitaran SM Balairaja ini “tambah husni. 
 
Husni juga mengungkapkan harapan besarnya kepada semua stakholder terutama pemerintahan daerah Kab Bengkalis  terkait untuk segera merealisasikan pembangunan sanctuary Balairaja yang sudah menjadi wacana, karena ini satu satunya jalan keluar agar gajah balairaja bisa diselamatkan dari kepunahan dimasa yang akan datang.
 
 
Bu Dian humas BBKSDA Riau menyampaikan juga rasa bahagia dan terima kasih kepada rekan-rekan RSF yang sudah bekerja untuk memonitoring keberadaan gajah liar yang ada di hutan SM Balairaja Duri Kab Bengkalis Riau. Semoga angka populasi gajah sumatera yang ada di Balairaja khususnya dan sumatera pada umumnya semakin hari semakin bertambah” ungkapnya  kepada portalbuana. Solfa_portalbuana
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU

To Top
Translate »