Home / Informasi / Bupati Musirawas: Jika Jalan Terus Dilewati Kendaraan Yanng Melebihi Kapasitas,Berapapun Dana Yang Dianggarkan Tidak Akan Pernah Cukup

Bupati Musirawas: Jika Jalan Terus Dilewati Kendaraan Yanng Melebihi Kapasitas,Berapapun Dana Yang Dianggarkan Tidak Akan Pernah Cukup

Portalbuana.com.-Musirawas, Rabu ( 15/11 ) Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan turun ke jalan Poros Simpang Dangku-Lubuk Tua Kecamatan Muara Kelingi melakukan aksi spontanitas, turun dari mobil dinasnya dan menstop mobil truck pengangkut tandan sawit yang diduga melebihi tonase.
 
Setelah truck BG 8814 G di stop Bupati meminta sopir truck untuk turun dan mempertanyakan asal tandan sawit dan akan dibawa kemana,Lalu Bupati menjelaskan bahwa jalan yang dibangun dengan APBD ini tidak diperbolehkan dilewati oleh kendaraan yang melebihi tonase. Diketahui jalan yang dilewati truck ini merupakan jalan Kabupaten yang hanya memiliki kekuatan atau boleh dilalui kendaraan max 8 ton, sementara truck pengangkut tandan sawit ini diperkirakan mencapai 12 ton.
 
Setelah mendapat peringatan dari Bupati, Sopir meminta maaf dan tidak akan mengulanginya lagi dan sopir menjelaskan bahwa sawit ini diangkut dari perkebunan warga dan akan di jual ke PT Karyaindo Sejatitama (PT.KIS) di Kecamatan STL Ulu Terawas. Setelah mendapatkan peringatan dan penjelasan Bupati maka sopir truck  diperkenankan kembali melanjutkan perjalanan dengan persyaratan tidak akan mengulanginya kembali.
 
Pada kesempatan tersebut, Bupati Musi Rawas menegaskan permasalahan kerusakan jalan di Musi Rawas tidak akan selesai jika masyarakat khususnya pengguna jalan tidak mematuhi peruntukan jalan yang dibangun.
 
Jalan desa hanya mampu untuk menopang kendaraan max 5 ton dan jalan kabupaten max 8 ton. Jika jalan desa dan kabupaten terus dilewati kendaraan yang melebihi kapasitas maka berapa pun banyak anggaran yang daerah keluarkan untuk pembangunan jalan maka tidak akan pernah cukup dan kerusakan jalan akan terus terjadi.
 
Diharapkan Bupati,kepada seluruh pengguna jalan supaya  mematuhi aturan khususnya muatan kendaraan untuk melewati jalan desa maupun kabupaten. Selain itu, Bupati meminta kepada Pemerintah Desa dan Masyarakat untuk menindak kendaraan-kendaraan yang melebihi tonase dengan  menghentikan kendaraan dan menurunkan muatan yang melebihi tonase.
 
Bupati telah mengintruksikan dinas terkait untuk memasang seluruh jalan desa dan kabuapten yang dibiayai oleh APBD dengan portal sehingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan-kendaraan berbadan besar dan tinggi,guna untuk mencegah serta menghambat kendaraan yang melebihi tonase melewati jalan desa. (fndy)
Be Sociable, Share!

About Portal Buana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

unset-3

Murid SDIT DNC Studi Lingkungan Ke RDS 97,1 FM

Portalbuana.com. -Musirawas, Sabtu (18/11/2017) Guna meningkatkan pengetahuan anak didiknya, Lembaga Pendidikan Islam ...

Translate »