Berita

Dengan Pakaian Adat Papua ,Bupati Musi Rawas Pimpin Upacara Sumpah Pemuda

 

 
PORTALBUANA.COM MUSI RAWAS Senin 29/10/2018. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018 diperingati oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dengan melaksanakan Upacara Bendera, Senin (29/10/018) di lapangan Pemkab Musi Rawas, Muara Beliti.
 
Uniknya, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dan seluruh pejabat di daerah ini menggunakan pakaian adat dari 34 Propinsi di Indonesia ini. Selaku pembina upacara, Bupati Musi Rawas dengan gagah menggunakan pakaian adat Papua yang dipadukan dengan pakaian adat melayu.
 
Selain Bupati dan pejabat, setidaknya ada 34 pasang generasi muda juga menggunakan pakaian adat yang mewakili 34 propinsi dan dengan lantang membacakan Teks Sumpah Pemuda yang diikuti oleh pejabat, ASN dan pelajar yang mengikuti acara bendera tersebut.
 
Usai melaksanakan upacara bendera, sekelompok tim kreatif dari SMA Negeri 2 Muara Beliti, menyajikan drama teatrikal yang menceritakan tentang perjuangan pemuda dalam meraih kemerdekaan dan drama teatrikal generasi muda saat ini dalam mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang negative seperti mabuk-mabukan, sek bebas, narkoba dan lainnya. Pada akhir drama, mereka membacakan sebuah puisi tentang perjuangan pemuda dan bagaimana seharusnya mengisi kemerdekaan bangsa ini.
 
Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dalam sambutanya mengatakan ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan 90 tahun yang silam  dari hasil kongres Pemuda Indonesia kedua yang diselenggarakan di Batavia pada tanggal 27-28 Oktober 1928 merupakan kristalisasi semangat untuk menegaskan semangat anti kolonialisme  dan cita-cita  berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Diungkapkan, Bupati Hendra, hari sumpah pemuda ke-90 ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”, diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di kancah Nasional bahkan Internasional. Khusus di Kabupaten Musi Rawas, telah banyak pemuda-pemuda yang telah memiliki prestasi dan melakukan inovasi serta kreasi yang mendapatkan perhatian nasional seperti ada beberapa pemuda yang akan mengikuti pelatihan atau kunjungan ke berbagai Negara seperti Thailand dan Yunani untuk memperdalam pengetahuan dan pendidikan.
 
Dirinya berharap kedepan akan muncul generasi muda lainnya yang akan berpretasi baik ditingkat nasional maupun internasional dengan prestasi, hasil karya dan inovasi yang membanggakan dan mengharumkan nama daerah. Untuk itu Bupati mengajak seluruh generasi muda untuk terus mengasah diri dan menjauhi hal-hal yang dapat merugikan seperti Narkoba, Sex Bebas, minuman keras dan lainnya.
 
Mengakhiri, Bupati mengajak seluruh Generasi Muda dan Masyarakat untuk  menjadikan Hari Sumpah Pemuda ini menjadi momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi diberbagai bidang.
 
Tutur serta dalam upacara bendera ini, Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti, Kapolres Musi Rawas, AKBP Bayu Dewantoro, Sekda Kabupaten Mura EC Priskodesi, Perwakilan Dandim 0406 MLM, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Kepala Lapas Narkoba Muara Beliti, Kepala OPD Mura dan pejabat serta ASN dilingkungan Kabupaten Musi Rawas. (fdy)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU

To Top
Translate »