Berita

Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Jawa Timur akan mengadakan sholat berjama’ah dan qurban


Portalbuana.com, Surabaya Tidak berapa lama lagi, Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah/2018 M akan datang, menyikapi hal itu Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Jawa Timur berencana mengadakan sholat berjama’ah dan qurban.  Menurut sesepuh serta sekretaris panitia pembangunan Rumah Gadang 2003-2005, Afrizul, SE Datuk Basa mengatakan kegiatan Qurban sudah berlangsung 15 kali sebelum Rumah Gadang Minangkabau diresmikan pemakaiannya. “ya alhamdulillah hingga sekarang qurban masih dapat diadakan disini, terang Uda Datuk sapaan akrabnya.

Rumah Adat Minang milik “urang awak” di Jawa Timur tersebut terletak di Jalan Gayung Kebonsari No. 64 Surabaya. Selain mengadakan qurban, sebelumnya panitia bersama pengurus GMJT juga melaksanakan sholat idul adha di rumah adat suku minang yang terletak di jantung Kota Surabaya itu. Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Qurban Syahlan, SH, S.Pd kepada portalbuana.com diruang kerjanya selasa, 14/9/2018.

Dijelaskan Syahlan, selain tujuan ibadah kepada Allah Subhanahu wata’ala, dengan adanya qurban bagaimana orang-orang Padang yang ada di Jawa Timur dapat mengaplikasikan pepatah dimana bumi dipijak disana langit dijunjung, artinya dimana kita berada disana kita memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar, “terang pria yang sehari-hari berprofesi sebagai pengacara itu.

Target selanjutnya lanjut Pria asal Pasaman itu,  pelaksanaan ibadah qurban  dapat berjalan dengan lancar, serta daging Qurban dapat diikmati oleh mustahik (penerima daging qurban) dengan bahagia karena kehadiran orang-orang minang/gebu minang di sekitar mereka. Adapun  jumlah hewan qurban tahun, sekitar 7 ekor sapi, tapi diusahakan ditargetkan menjadi 8 ekor.

Lebih jauh disampaikan, untuk pendistribusian kupon pengambilan daging melalui rumah gadang serta dititip dengan orang-orang Padang yang sudah ditunjuk panitia. Kemudian yang menjadi objek penyaluran daging qurban, selain untuk mudhohi (peserta qurban), juga untuk orang-orang Padang/Minang serta orang-orang tidak mampu/miskin yang ada di sekitar Rumah Gadang beserta yayasan anak yatim/dhuafa yang berafiliasi dengan orang-orang Padang, “ungkap pria berkulit putih tersebut.

Untuk sementara kupon yang akan dibagikan panitia sekitar 1000 lembar, dan sudah mulai di distribusikan. Hingga sekarang kupon masih ada ditangan panitia, bagi yang membutuhkan silahkan menghubungi panitia. “Tiap satu kupon bernilai 1 kg daging utuh serta ditambah daging yang lain sekitar 2-3 on, tapi kita lebih prioritaskan untuk Mudhohi dulu, tutup Syahlan.(Zulkifli)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU

To Top
Translate »