Berita

Pemkot Sungai Penuh Menyelenggarakan Pekan Harmoni Budaya Festival Kenduri SKO

 

 
PORTALBUANA.COM SUNGAI PENUH Rabu 07/11/2018. Dalam rangka ulang tahun kota sungai penuh yang ke 10 pemerintahan daerah kota sungai penuh menyelenggarakan acara pekan harmoni. Dengan kegiatan festival kenduri sko juga prosesi pelantikan depati ninik mamak. Dalam penyelnggaraan pekan harmoni budaya tahun 2018 di hadiri direktur kepercayaan tuhan yang maha esa dan tradisi mewakili dirjen  kementrian pendidikan dan kebudayaan krestianti ariani MU. Walikota sungai penuh, wakil walikota, ketua DPRD beserta anggota DPRD kota sungai penuh. Forkopimda. Sekda, kajari. Dan kepala pengadilan negeri sungai penuh. Juga turut hadir mewakili HKK nasional basarudin tayib. Dan mewakili forum minang kerinci nasional H alwi sutan SH MHn. Pekan harmoni budaya di selenggarakan bertempat di lapangan merdeka. 
 
Pekan harmoni budaya bertujuan untuk menggali tradisi budaya mengembangkan potensi kepariwisataan dan mengembangkan industri ekonomi kreatif. Serta mempromosikan kota sungai penuh dalam berbagai aspek pembangunan.  Pekan harmoni budaya mengambil tema kenduri sko sebagai potensi kemajuan kebudayaan dan pengembangan pariwisata. 
 
Penyenggaraan pekan harmoni budaya berlangsung selama 4 hari dari tanggal 7 nofember sampai tanggal 10 nofember. Adapun agenda kegiatan dalam pekan harmoni budaya menampil pertunjukan atraksi kenduri sko khusus nya prosesi pelantikan depati ninik mamak dan penerunan benda pusaka. Pergelaran seni budaya dari siswa sekolah tingkat SLTP dan SLTA se kota sungai penuh karnafal kebudayaan yang berasal dari minang batak jawa yang ada di kota sungai penuh. Bukti produksi yang kreatif jajanan kuliner tradisional dan bazar pedagang keliling.
Walikota sungai penuh dalam sambutan nya menyampaikan. ” pekan budaya kenduri sko mengusung tema kenduri sko sebagai potensi kemajuan budaya dalam pariwisata mengandung makna bahwa festival kenduri sko salah satu kegiatan yang mendukung program pemerintah pusat sesuai dengan UU no 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan dimana pariwisata mengunakan kebudayaan sebagai objek nya. Kita harus bangga kota sungai penuh mendapat penghargaan dan sertifikat aspek aspek budaya yang telah dikembang kan antara lain. Kenduri sko, rentak awo, ,tari iyo iyo, rangguk negri kumun, dan lapik terawang koto dian. Sebagai budaya warisan tak benda kota sungai penuh. 
 
Masih banyak lagi yang harus kita kembang kan sebagai identitas di wilayah kita ini menjafi destinasi wisata baik nasional maupun internasional. Kita sungai penuh harus berpacu untuk terus mencoba mengayu menuju kesamaan kemajuan dengan kota kota lain. Hssil kebudayaan merupakan komoniti utama menarik wisatawan baik dari nusantara maupun manca negara yang berkunjung ke daerah kita ini. Masyarakat kembali membangkit kan nilai nilai tradisi dan mengerakan ekonominya dalam menghadapi tantangan yang mengelorakan rasa bangga penting nya aspek aspek budaya yang kreatif dan inofatif. 
Pekan harnoni budaya dibuka secara resmi oleh direktur kepercayaan tuhan yang maha esa dan tradisi mewakili dirjen  kementrian pendidikan dan kebudayaan krestianti ariani MU. Dalam sambutan nya menyampaikan kekayaan budaya kita sangat luar biasa. Dalam acara fertival kenduri sko yang diadakan kota sungai penuh sangat lah luar biasa kami berikan apresiasi krpada kota sungai penuh. Festival kenduri sko ini sudah di catat di kementrian pendidikan dan kebudayaan sebagai warisan tak benda indonesia tahun 2018 sebagai konsekwensi sebuah karya budaya yang tercatat sebagai warisan budaya tak benda indonesa merupakan konsekwensi kota sungai penuh untuk tetap merawat tetap menjaga tetap melestarikaj karya budaya ini 
 
Kenduri sko juga merupa bagian mitos budaya kota sungai penuh juga salah satu bagian objrk kemajuan yang tercantum dalam UU no 5 tahun 2017 dengan kehadiran kami disini tali kebrsamaan dan tali silahturrahmi yang kita bangun akan menguat kan kita untuk melangkah menuju kedepan membangun negeri ini membangun kebudayaan kita untuk lebih mencintai akar budaya kita sendiri. 
Usai memberikan kata sambutan direktur kepercayaan tuhan yang maha esa dan tradisi mewakili dirjen  kementrian pendidikan secara remi membuka pekan harmoni budaya. ( fc )
 
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU

To Top
Translate »