Berita

Staf Komunikasi Publik BPJS Sidoarjo : Agar Memanfaatkan Program BPJS

 

 
PORTALBUANA.COM SIDOARJO Senin 20/08/2018. Menyikapi semakin melonjaknya antrian masyarakat yang datang ke BPJS Sidoarjo untuk mengurus kartu BPJS, Staf Komunikasi Publik BPJS Kabupaten Sidoarjo Rizki Nur Maulidia menghimbau dan mengajak masyarakat agar memanfaatkan program yang sudah disiapkan BPJS. Dikatakannya, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan masyarakat agar mudah dan cepat mendapatkan Kartu BPJS diantaranya peserta langsung datang ke kantor BPJS dengan mengumpulkan berkas, melampirkan nomor telpon yang lengkap.
 
“Nanti petugas kami akan mengirim sms nomor virtual account (VA) yang bersa. Setelah peserta melakukan pembayaran akan terlihat diaplikasi BPJS, lalu bisa dilakukan percetakan kartu dan kartu nanti akan dikirim ke rumah masing-masing melalui jasa pos,”jelas perempuan berkulit putih itu.
 
Kemudian solusi yang kedua, ujar Kiki panggilan akrab wanita cantik itu, calon peserta BPJS bisa juga mendaftar melalui online lewat aplikasi JKN (jaminan kesehatan nasional). ketiga, masyarakat juga bisa memanfaatkan program trop box kelurahan. Sistemnya adalah peserta datang ke kelurahan/desa terdekat sesuai domisili, selanjutnya melakukan pendaftaran melalui petugas kelurahan yang sudah bekerja sama dengan BPJS dikenal PIC (person incharge).Seluruh berkas yang dikumpulkan melalui PIC tadi akan dijemput oleh BPJS, lalu calon peserta BPJS hanya tinggal menunggu informasi VA melalui SMS dari BPJS dan melakukan pembayaran, “terangnya
 
Selain itu, BPJS juga memberikan pelayanan dengan membuka stand BPJS di pusat keramaian seperti di mol, juga menggunakan Mobile Custom Service (MCS) yang bertempat dilapangan albatros Juanda.
 
Menurut Kiki, membludaknya antrian masyarakat menjadi peserta BPJS merupakan hal yang positif, karena masyarakat sudah semakin sadar dan peduli dengan kesehatannya. Disamping itu ada juga sebagian masyarakat yang senangnya bertemu langsung dengan petugas BPJS, jadi mereka ramai-ramai memilih datang kesini.
 
Lebih jauh disampaikan, semua kelurahan/Desa di Sidoarjo menurut pengakuannya sudah di datangi BPJS melalui petugas yang sudah ditunjuk tersendiri (PIC). Program Trop BOX sudah berlangsung tiga minggu, di kelurahan peserta hanya membawa berkas pendaftaran kemudian mengisi form yang sudah tersedia di petugas PIC, jadi masyarakat hanya berurusan sampai di kelurahan saja, tidak perlu jauh-jauh dan antrian datang kesini, “ungkap Kiki dengan ramah.
 
Jumlah peserta BPJS sesuai data yang berjalan hingga sekarang sudah mencapai 80% dari 1,8 juta penduduk kabupaten Sidoarjo. Sesuai target BPJS per Januari 2019 95% masyarakat sudah harus terdaftar/tercover dalam Jaminan Kesehatan Nasional dibawah BPJS, “tutup Staf yang mengaku pimpinannya (Sri Mugirahayu) sedang melakukah ibadah haji tersebut. (Zulkifli)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU

To Top
Translate »