Iklan

PB
Sunday, June 30, 2024, June 30, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-30T09:55:43Z
InfoPalembangSumsel

Khitan Massal gratis FKKLA palembang berjalan sukses

Ketua Umum FKKLA Palembang H Ifra Joni saat memberikan kata sambutan pembukaan/dok

Palembang,  ---- Program Forum Komunikasi Keluarga Luhak Agam --Sumbar (FKKLA) Palembang berupa kegiatan khitan massal untuk warga Palembang berjalan lancer dan aman. Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (29/6) di Graha Cindua Mato (GCM) jalan Soekarno Hatta komplek BMKM yang melibatkan lebih 100 anak itu berjalan lancar dan aman.
 

Hadir pada kesempatan pembukaaan kegiatan selain pengurus dan panitia, hadir juga ketua Pembina FKKLA Palembang Prof Dr H Aflatun  Muchtar, Ketua Penasehat Drs H Salman Rasyidin Dt Bajo Ameh. Tidak terkecuali pengurus Bundo Kanduang FKKLA Palembang.
Ketua pelaksana Ustadz H Rizon Rinaldi saat memberikan laporan menyebutkan bahwa program khitan massal pada awalnya hanya terbatas untuk lingkungan anak-anak perantau Luhak Agam yang ada di Palembang. Namun karena pengumuman disebar melalui group WA, maka banyak yang menyarankan  untuk memperluas ruang lingkup peserta. “Akhirnya diperluas untuk masyarakat umum,” Rizon Rionaldi yang lebih familiar dipanggil Pak Con.


Pak Con pada kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih pada supporting terkhusus pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan yang telah menyediakan seluruh  sarana dan prasana medis termasuk dokter dan perawat 20 orang dengan penanggungjawab Dr dr Didit Pramudhito Sp.U(K) dari RS Muhammad Hoesin.
Ketua Umum FKKLA Palembang H Ifra Joni saat memberikan kata sambutan pembukaan di hadapan ratusan pasangan orangtua peserta khitan, panitia pelaksana dan seluruh pengurus FKKLA Palembang memohon maaf kepada masyarakat kalau pada pelaksaan khitan perdana ini ada anak-anak yang belum terakomodir dalam kegitan khitan massal gratis.
 

Ketua Penasehat FKKLA Palembang Drs H Salman Rasyidin Dt Bajo Ameh didampingi  Ketua Umum FKKLA Palembang H Ifra Joni saat menyerahkan sertifikat pada peserta/dok

 “Sebenarnya program Khitanan Massal Gratis ini baru akan dilaksanakan setelah pelantikan pengurus FKKLA Palembang 7 Juli 2024 mendatang di Hotel Aston, namun karena banyaknya masukan dan usul untuk menyesuaikan dengan liburan anak sekolah, maka program ini kami majukan” ujar Ifra Joni.


Ifra yang juga Sektretaris Umum Badan Musyawarah Keluarga Minang (BMKM) Sumsel menambahkan, FKKLA Palembang selain  menggratiskan biaya khitan massal, peserta khitan juga diberi kain sarung dan uang jajan serta sertifikat. “Alhamdulillah semua itu merupakan sumbangan donator dan pengurus FKKLA Palembang yang sudah satu hati dalam membantu anak-anak yang membutuhkan perhatian kita bersama,” tambah H. Ifra Joni yang juga bergelar Sutan Rajo Palembang.


Menurut Ifra  ke depan FKKLA Palembang akan memprogram berbagai kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat umum yang memang membutuhkan perhatian tidak hanya dari lingkungan perantau Luhak Agam Sumatera Barat yang ada di Palembang, insya Allah untuk masyarakat umum sesuai kemampuan.
Risnal Yanto salah seorang orangtua peserta khitan massal mengucapkan terima kasih pada Penguiru FKKLA Palembang yang telah memfasilitasi kegiatan massal ini untuk keluarga yang sangat membutuhkan. “Setidaknya kalau kami ke dokter umum, kami akan menyiapkan dana yang tidak sedikit jumlah. Setidaknya Rp 1.250.000 harus kami siapkan di tengah perekonomian  seperti saat ini – tidak bagus bagusnya,” sembari berdoa semoga Allah melancarkan berbagai progam FKKLA Palembang. (*)