Iklan

PB
Wednesday, June 26, 2024, June 26, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-27T04:18:13Z
BatamInfoKepri

Lomba Perahu Layar Jong Kapolda Kepri Cup Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke 78 Tahun 2024



Batam. Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H Mempelopori pelaksanaan lomba Perahu Layar Jong yang merupakan salah satu tradisi budaya melayu Kepri.

Hadir dalam acara yaitu Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H, Dandim 0316 Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing S.IP, Danlantamal IV Brigjen TNI (Mar) Andi Rahmat M. dan Tokoh Masyarakat Nongsa.

Lomba yang diikuti oleh 150 peserta dari berbagai daerah di Kota Batam dan Tanjungpinang berlansung sukses dan terlaksana dengan baik.



Acara Lomba Perahu Layar Jong yang biasanya dilaksanakan pada bulan Februari ketika musim angin utara ini baru bisa dilaksanakan hari ini pada bulan juni.

Lomba perahu layar jong yang tidak terlaksana selama ini dilaksanakan kembali oleh Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H yang awalnya kegiatan akan dilaksanakan di Pulau Rempang Barelang akhirnya dilaksanakan di Nongsa Pantai Gurap Kampung Melayu Nongsa atas arahan dari Kapolda Kepri.

Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H Dalam wawancara dilokasi menyebutkan. "Pada hari ini dipantai melayu  Nongsa Batu Besar masih dalam rangka hari Bhayangkara 78 kita mengadakan lomba Perahu Jong yang mereupakan tradisi maritim melayu kepulauan, melayu pesisir ini memiliki budaya yang erat hubungannya dengan laut, salah satunya adalah kebiasaan para nelayan pada zaman dahulu sambil menunggu orang tuanya pulang dari melaut sambil bermain perahu jong, inilah tradisi yang masih kita jaga agar menjadi sebuah objek wisata yang khas daerah melayu kepulauan ini untuk tetap terjaga." Sebut Kapolda



"Lomba diikuti oleh 75 peserta dengan 150 perahu jong yang ada, kegiatan ini kita lakukan agar masyarakat juga ingat selalu bahwa pada setiap bulan Juli ada hari ulang tahun Kepolisian Negara Republik Indonesia, semoga saja Polda ini selalu mengakomodir pesta pesta rakyat yang ada dikepulauan riau ini yang salah satunya adalah perlombaan perahu jong yang perlu kita lestarikan karena ini merupakan sebuah budaya yang melekat ratusan tahun dari masyarakat melayu pesisir Dikepulauan Riau." Tutup Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H. (Endra)