Iklan

PB
Friday, July 19, 2024, July 19, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-20T05:53:28Z
InfoJambiTanjab

Sungguh miris, pekerjaan proyek SDN 35/V teluk sialang sudah selesai, di duga pihak kontraktor tipu puluhan juta rupiah upah pekerja



TANJAB BARAT - Proyek pembangunan sekolah dasar dan menengah di kabupaten Tanjab Barat diduga bermasalah. Pasalnya, kontraktor pelaksana PT. Bumi Delta Hatten tipu pekerja hingga puluhan juta.

Miris nasib yang dialami para pekerja bangunan yang mengerjaka proyek sekolah dasar (SD) dikabupaten Tanjab Barat. Pasalnya pasca selesai pekerjaan proyek hingga ini upah kerja (tukang) tidak dibayar oleh pihak kontraktor pelaksana pekerjaan.

Hal itu diungkap tukang, sampai saat ini upah kami tidak dibayar setidaknya ada 4 orang dari kami yang mengerjakan bangunan SDN 35 hingga saat ini tidak dibayar. Sabtu (20/7/2024).

" Belum dibayar pak upah kami kerja, yang paling banyak ada 4 orang berpariasi angkanya jika ditotal ada 30 juta biaya upah yang belum dibayar, "kata Tukang.

Menurutnya juga, perwakilan kontraktor  yakni kepala tukang hingga kini tidak dapat dihubungi sementara dia adalah orang yang bertanggung jawab terhadap gaji pekerja di proyek ini.

" Nama kepala tukang nya Ajir warga Sabak, dan sampai saat ini tidak bisa dihubungi artinya dia mau menipu kami, "kata para pekerja.

Terpisah kepala SDN 35/V Teluk Sialang, kecamatan Tungkal Ilir Ridwan membenarkan adanya keluhan pekerja terkait gaji yang tidak dibayar oleh pihak pelaksana pekerjaan.

" Benar pak, kami juga mendapat keluhan para pekerja tersebut dan jumlahnya mencapai 30 jutaan, " kata kepsek.

Saat ditanya apa langkah dan tindakan pihak sekolah setelah mendengar laporan dari para pekerja. Baik terhadap kepala tukang maupun kontraktor pelaksana pekerjaan.

Lebih lanjut menurutnya, pihak sekolah sudah mengupayakan dengan cara menghubungi kepala tukang yang selama ini sering berkomunikasi dengan sekolah.

" Sudah kami kontak kepala tukangnya pak, namun bukan nya memberikan jawaban malah nomor kontak kami di blokir nya, " terangnya saat dikonfirmasi via telepon.

Dari pantauan dilokasi, diketahui pelaksanaan pekerjaan PT. PT. Bumi Delta Hatten melaksanan proyek rehab berat dan sedang sebanyak 15 sekolah Dasar (SD) di kabupaten Tanjab Barat, dari sumber dana APBN 2023-2024.

Sayangnya hingga berita ini diterbitkan pihak pelaksana pekerjaan, konsultan dan kepala tukang belum berhasil dikonfirmasi terkait upaya pekerja yang tidak dibayar hingga puluhan juta.