Home / Berita Terkini / Al Quran : Larangan Allah Merusak Hutan Dan Lingkungan

Al Quran : Larangan Allah Merusak Hutan Dan Lingkungan

Foto Hanyalah Sebagai illustrasi

Portalbuana.com – Religi , Hutan Merupakan Asosiasi tumbuha yang berkayu, mampu membentuk iklim mikro yang berbeda dengan daerah luarnya. Ekosistem hutan terjadi berbagai interaksi antara flora, fauna dan mikro organisme dengan lingkungan abiotiknya.

Dalam UU Republik Indonesia No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dijelaskan bahwa hutan mempunyai 3 fungsi, yaitu:
a. fungsi konservasi, 
b. fungsi lindung, dan 
c. fungsi produksi. 
Sumber daya hutan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk mencapai manfaat sosial, budaya, ekonomi, dan lingkungan yang seimbang dan lestari.
Allah menciptakan hutan untuk dikelola sebaik-baiknya oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, dalam praktek pengelolaan hutan kebanyakan manusia selalu mengabaikan kelestarian lingkungan. Manusia selalu mengedepankan keuntungan ekonomi yang bisa diperoleh dari sebuah hutan tanpa memikirkan dampak ekologis yang akan terjadi. Keserakahan dan nafsu manusia lah penyebab utama maraknya illegal logging, perambahan dan alih fungsi hutan.  
Akibatnya banyak terjadi  kerusakan hutan di bumi, dan ini akan mengakibatkan Pencemaran Udara, banjir yang dapat menimbulkan korban jiwa dan harta benda. Pencemaran Udara karena Asap yang menyelimuti akibat pembakaran hutan, Banjir terjadi karena air hujan yang tercurah di muka bumi tidak dapat ditahan dengan baik oleh tajuk pepohonan dan tumbuhan bawah. Perbuatan merusak hutan merupakan sebuah bentuk kemaksiatan, karena dapat menimbulkan mudhorot yang sangat besar bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Dalam surat “Al-Baqoroh ayat 205”, Allah SWT berfirman bahwa Dia tidak menyukai oramg-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi.
وَإِذَا تَوَلَّىٰ سَعَىٰ فِي ٱلۡأَرۡضِ لِيُفۡسِدَ فِيهَا وَيُهۡلِكَ ٱلۡحَرۡثَ وَٱلنَّسۡلَۚ وَٱللَّهُ لَا يُحِبُّ ٱلۡفَسَادَ ٢٠٥
“Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan” (QS. Al-Baqoroh : 205)
Allah SWT telah memberi kepercayaan kepada manusia untuk menjadi pengelola bumi (khalifah fil ardi), bukan kepada mahluk-Nya yang lain. Seharusnya manusia mampu menjaga amanah tersebut dengan sebaik-baiknya, bukannya malah menghianatinya.
Sebagai umat Rasulullah SAW, sudah seharusnya kita meneladani semua perilaku beliau. Karena Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk beragama Islam secara kaffah dengan cara berbuat baik kepada semua makhluk. Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin. Islam tidak mengajarkan penganutnya untuk berbuat kerusakan di muka bumi sekecil apapun, karena perbuatan sekecil dzarrah (biji sawi) pun akan dipertanggungjawabkan di hadapan-Nya. 
Dalam Hal ini penulis tidak mengatakan bahwa yang merusak hutan dan lingkungan adalah saudara muslim, hanya memberikan i’tibar bagi saudara – saudara muslim semua semoga kita kita menjaga dan melestarikan Lingkungan serta keutuhan Hutan. Jika kita melihat ada saudara – saudara kita baik yang muslim maupun yang non muslim yang merusak Lingkungan dan Hutan sepantasnyalah kita yang mengetahui akan larangan seperti yang tertulis dalam Surat Al Baqarah diatas tadi memberikan larangan memberikan petunjuk kepada mereka. Sebagaimana dalam Al Quran Surah Al-Asr
وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
“Saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran” 
dan dalam sebuah hadist yang berbunyi :
من رأى منكم منكرا، فليغيره بيده، فإن لم يستطع فبلسانه، فإن لم يستطع فبقلبه، و ذلك أضعف الإيمان 

“Siapa diantara kalian melihat kemunkaran, maka rubahlah dengan tangannya, lalu jika tidak bisa maka dengan lidahnya, lalu jika tidak bisa maka dengan hatinya, dan ini adalah selemah-lemah iman” 
Portalbuana.com- Sudirman.S.Pd/S.Ag

About Portal Buana

Leave a Reply

x

Check Also

Panglima TNI Terima Dirut PT. PAL

Portalbuana.com – Puspen TNI,  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi ...

Translate »
%d bloggers like this: