Home / Berita / AROMA BAU BUSUK PT KIP, WARGA TIDAK NYAMAN DAN RESAH

AROMA BAU BUSUK PT KIP, WARGA TIDAK NYAMAN DAN RESAH

 
Portalbuana.com – Gunung Sahilan – Masyarakat yang berada di sekitar Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT KIP yang berdiri di Desa Kebun Durian Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar Provinsi Riau
merasa resah dan tidak nyaman dengan bau busuk yang ditimbulkan. Di waktu musim penghujan dan juga Hampir setiap hari aroma yang dikeluarkan sangat menyengat di hidung yang diduga berasal datangnya dari arah Perusahaan PMKS PT. KIP Desa Kebun Durian ini. Sekaligus menggoda mata Awak Media Portal Buana News untuk menyaksikan penomana yang berada di PMKS PT. KIP seperti dirasakan sejak berdirinya perusahaan ini.
 
Terkait perihal ini, awak media mewawancarai salah seorang Tokoh Pemuda Kecamatan Gunung Sahilan yang enggan menyebutkan namanya, “Dengan asap mengepul setiap hari bisa saja menjadikan polusi dan ini sangat berbahaya. Selalu saja dianggap remeh dan selalu tidak dihiraukan oleh masyarakat sekitar. Benar, saat ini tidak terlalu berdampak secara signifikan, tetapi tahun-tahun yang akan datang resikonya pasti akan dirasakan oleh warga masyarakat yang padat penduduk ditengah-tengah berdiri Pabrik tersebut,” tegas salah seorang tokoh pemuda Gunung Sahilan.
 
Sebagaimana yang terkandung di dalam Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 32 Tahun 2009, Tentang
Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Pada Pasal 65 ayat (3), dijelaskan bahwa setiap orang berhak mengajukan usul dan atau keberatan terhadap rencana usaha dan atau kegiatan yang diperkirakan dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan hidup.
 
Tokoh pemuda Gunung Sahilan ini  meminta kepada Bupati Kampar, Syahrial Abdi AP MSi agar segera memeriksa ulang segala bentuk persyaratan yang harus dan telah dipenuhi oleh perusahaan itu. Apakah semuanya sudah benar-benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bila terdapat kejanggalan atau rekayasa dibalik semua itu, seperti letak dan tata ruang serta lain-lainya, hendaknya Perusahaan PMKS PT.KIP segera ditutup.
 
Disisi lain salah seorang pemuda rantau Kampar Kiri yang di wawancarai awak media, Diki (Lk,31 Th) mengatakan “Untuk perihal ini mohon kiranya Pj Bupati Kampar membentuk tim pengawas kepada setiap perusahaan-perusahaan yang ada di Wilayah Hukum Kerja Kabupaten Kampar ini, Apalagi menyangkut soal Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup
(AMDAL), Rencana Perlindungan dan
Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH),
Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan Upaya Pengelolaan
Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL),” pintanya berharap.
 
Informasi yang diterima awak media Portal Buana News dari beberapa warga tempatan sekitar lokasi pabrik ink juga mengakui keluhan mereka terkait aroma tidak sedap berbau busuk setiap hari yang dihirup yang diduga berasal dari perusahaan PT. KIP  yang berada di tengah pemukiman warga serta diduga pembuangan Limbah olahan pabrik kelapa sawit ini mengalami kebocoran sehingga bau busuk limbah nya menyerbak apalagi disaat penghujan.
 
Masyarakat berharap juga agar limbah ini tidak merambah ke aliran sungai yang berada di sekita kawasan pabrik, karena sungai juga merupakan salah satu potensi perekonomian sebagian warga yang mencari sepercik rezeki untuk kesinambugam kehidupan.
 
Mereka juga merasa keberatan atas aroma bau busuk yang diduga berasal dari pabrik tersebut, Mereka merasa tidak nyaman untuk tinggal di rumah, sebab ketika istirahat mereka terganggu dengan bau busuk dari PT. KIP yang hampir setiap hari mereka hirup tanpa ada tanggapan dari pihak terkait yang berwenang akan keresahan dan ketidak nyamanan warga bermukim di sekitar pabrik ini, keluhkan warga tempatan IW (inisial).
 
Selanjutnya pihak Portal Buana News akan mencoba menelusuri ke pihak perusahaan agar dapat dijumpai guna perimbangan berita.
 
Wartawan Biro Kampar : Gusdion

About Portal Buana

Leave a Reply

x

Check Also

Kapal Perang Republik Indonesia Halasan-630 Sandar Di Dermaga Dwikora Pontianak Kalimantan Barat

  PORTALBUANA.COM. Pontianak, 11 Desember 2017,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) ...

Translate »
%d bloggers like this: