by

Bintara Pembina Desa 09/ Kodim 0420/ Sarko Siaga Karhutla

PORTALBUANA.COM – MERANGIN. Serma Marsidi secara rutin terus melakukan patroli dan sosialisasi Karhutla di wilayah Pamenang  Kab. Merangin(12/05/19)
 
Patroli dan Sosialisasi ini dilaksanakan baik di daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan. Kegiatan patroli menggunakan sepeda motor roda dua agar lebih leluasa sampai ke pelosok desa.
 
Serma Marsidi dalam  kegiatan sosialisasi seperti ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum. Tentunya yang menjadi sasaran sosialisasi ini adalah seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.
 
“Bahaya apabila  masyarakat sengaja membakar lahan maka akan ada sanksi hukum yang berlaku bagi masyarakat yang membakar hutan dan lahan”ujar serma marsidi
Babinsa dalam mensosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan ini “merupakan bagian dari bentuk komunikasi dan koordinasi  manfaat lain antara nya dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat desa menuju Masyarakat yang sadar hukum dalam membuka lahan untuk pertanian”imbuh nya lagi
 
Serma Marsidi menambahkan” aksi bakar lahan sama sekali tidak dibenarkan, sehingga memang perlu mendatangi warga satu persatu agar bisa sadar untuk bersama-sama memerangi karhutla. Caranya adalah dengan mendatangi para warga desa untuk meningkatkan komunikasi sosial serta menyampaikan himbauan terkait larangan karhutla”
 
Di dalam kegiatan ini ujar Babinsa, warga mendukung kegiatan ini dan akan bersama-sama menjaga hutan dan lahan agar tidak sampai terjadi kebakaran diantara Penyebab dari kebakaran hutan dan lahan terjadi, akibat kecerobohan dalam membuka lahan itu sendiri dengan alasan dapat menghemat biaya dan tenaga, 
 
Banyak sekali akibat dan efek dari kebakaran itu dan sudah sering kita rasakan beberapa tahun yang lalu yaitu salah satunya banyaknya kabut asap yang timbul dan dapat merusak kesehatan bagi yang menghirupnya(RLX.ZM)

YUK FOLLOW

"Apapun tindakan dan aksi yang ingin Anda lakukan besok, kalau saudara-saudara sungguh mau mendengarkan saya, saya terus mengimbau agar semua aksi dan kegiatan berjalan dengan semangat perdamaian. Kita menjalankan langkah konstitusional, langkah demokratis, tapi damai. Tanpa kekerasan apapun," ujarnya, dalam video imbauan, Selasa (21/5).

Comment

Berita Lainnya