by

Curi Burung Majikan Mamat Masuk Bui


PORTALBUANA.COM – MUSI RAWAS, Atas dasar , 1) LP / B-36 / III / 2019 res llg tanggal 16 Maret 2019,Muhammad Ali Als Mamat (18) yang bekerja sebagai pengurus Burung dirumah korban dan juga tinggal digudang Burung milik korban, 

pelaku diduga telah melakukan tindak pidana Pencurian dengan pemberatan sebagaimana diatur dalam Pasal 363 KUHP, Senin18/03/2019.

Dengan pelapor bernama Josep Tanggal Lahir Lubuklinggau, 02-11-1977, seorang Wiraswasta warga Jl. Jend.Sudirman Rt.02 No.20 Kel.Pasar Permiri Kec.Lubuklinggau Barat II Kota Lubuklinggau. 

Kapolres Lubuklinggau  AKBP Dwi Hartono melalui Kapolsek Lubuklinggau Utara Akp Horison Manik menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi pada hari Jum’at tanggal 08 Maret 2019, sekira pukul 09.00 Wib tepatnya di gudang burung  milik korban yang berada di Jl.Rambutan Lintas Rt.07 Kel.Megang Kec.Lubuklinggau Utara II. 

” Kejadian tersebut terjadi pada hari Jum’at Tanggal 8 Maret 2019 sekira pukul 09.00 Wib, di gudang burung milik korban, ” jelasnya. 

Ketika itu korban mendapat laporan dari Tinus karyawan pengurus/perawat burung merpati balap/lomba milik Korban yang mengatakan bahwa 3 (Tiga) ekor burung merpati jantan balap milik korban telah hilang dicuri orang didalam kandangnya, kemudian pada hari Jum’at tanggal 15 Maret 2019, sekira pukul 09.00 Wib, kembali 2 (Dua) pasang burung Murai batu milik korban hilang didalam kandangnya. 

Setelah diselidiki akhirnya karyawan korban yang bernama Mamat mengakui bahwa dirinya selama ini telah mencuri 13 ekor burung merpati balap milik korban yang sedang diliarkan  (Umbaran) dihalaman belakang gudang burung dan 1 ekor burung merpati balap jantan didalam kandangnya pada hari Jum’at tanggal 08 Maret 2019 sekira pkl 03.00 Wib dan semua burung hasil  curiannya telah dijualnya pada orang lain di daerah sebelum pasar B Tugumulyo dan semuanya dijual seharga Rp.310.000 (Tiga Ratus Sepuluh Ribu Rupiah).Lalu korban melaporkan kejadian tersebut ke Polisi. 

Setelah menerima laporan dari korban, yang juga melaporkan bahwa Mamat saat itu masih berada di dalam gudang burung miliknya, kemudian piket dan Anggota Buser Polsek Lubuklinggau  Utara saat itu juga langsung menuju ke tempat kejadian untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku. 

” Mendapat laporan dari korban dan diketahui saat itu pelaku masih berada di gudang burung,lalu Anggota langsung menuju ke gudang burung milik korban untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku, ” katanya. 

Akhirnya pelaku berhasil diamankan petugas tanpa melakukan perlawanan yang berarti, dan pelaku  mengakui telah melakukan perbuatannya tersebut.  

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian burung merpati balap ditaksir lebih kurang Rp. 6.000.000 (Enam Juta Rupiah)
dan untuk kerugian 2 pasang burung merpati sebesar kerugian ditaksir lebih kurang Rp.12.000.000 (Dua Belas Juta Rupiah) dangan total kerugian seluruhnya kurang lebih sebesar Rp.18 000.000 (Delapan Belas Juta Rupiah).

” Kemudian pelaku langsung dibawa ke Polsek Lubuklinggau  Utara untuk proses selanjutnya, “pungkasnya. (fdy/adv) 
loading...

Comment

Berita Lainnya