by

Curi Uang Kotak Amal Masjid Dua Pelaku Dibui

 
PORTALBUANA.COM – MUSI RAWAS, Asakahi Daru Rahmat (19) warga desa Dangku Kec. Megang Sakti Kab. Musi Rawas dan rekanya Muhamad Aziz (18) warga desa Karya Sakti Kec. Muara Kelingi Kab. Mura, diringkus Jajaran Polsek Muara Kelingi, Sabtu 06/04/2019.
 
Sedangkan pelapor dari kejadian tersebut adalah Suhardin (54) pekerjaan Sekdes Lubuk Tua, Dan IV desa Lubuk Tua Kec.Muara Kelingi Kab.Musi Rawas.  
 
Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro melalui Kapolsek Muara Kelingi Akp Hendri Agus menjelaskan bahwa kejadian terjadi pada hari Jumat tanggal 05 April 2019 sekira pukul 08.00 Wib di Mesjid  Nurul Huda Darussalam ,tepatnya di desa Lubuk Tua Kec Muara Kelingi Kab .Mura .
 
” Benar telah terjadi pencurian didalam Mesjid, terhadap uang dikotak  amal Mesjid pelaku melakukan dengan cara masuk kedalam Mesjid dan  merusak tutup kotak amal dengan memakai alat Tang,Obeng serta Tang Ganjip, ” jelasnya. 
 
 
” Kedua pelaku dalam melancarkan aksinya juga memakai alat kenderaan berupa satu Unit sepeda Motor Honda tanpa Plat Nomor Polisi, ” tambahnya. 
 
Kejadian tersebut diketahui salah satu warga yang mengamati pelaku dan memergoki dan meneriakan pelaku sehingga warga masyarakat Lubuk Tua mengamankan pelaku. Karena sebelum pada malam harinya kedua pelaku menerangkan juga telah mengambil kotak amal dimesjid yang bertempat di Megang Sakti. 
 
Sempat hendak dimasa warga akhirnya pelaku menyerah tanpa perlawanan  dan kemudian warga masyarakat Lubuk Tua melalui aparat desa Sekdes mengadukan perbuataan pelaku dan menyerahkan kedua pelaku  kepihak yang berwajib untuk dilakukan proses hukum. 
 
Akibat kejadian tersebut  pihak warga Mesjid mengalami kerugian karena telah rusak kotak amal yang terbuat dari kaca dan ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp.3000.000(Tiga Juta Rupiah)
 
Jumat  tanggal 05 April  2019 sekira pukul 09.30 Wib.Kapolsek Muara Kelingi yang mendapat serahan atau tangkap tangan oleh warga masyarakat, kemudian memerintahkan Unit Reskrim bersama personil lainnya segera menerima pengaduan masyarakat dan lakukan penyelidikan perkara serta  melakukan penangkapan terhadap pelaku yang berada di Mapolsek Muara Kelingi.
 
” Saat dilakukan Riksa  saksi dan pelaku menerangkan dan mengakui  bahwa benar pelaku yang melakukan pencurian uang dikotak amal dan sudah  sering dimesjid dan menerangkan bahwa pada hari Kamis tanggal 04 April 2019 juga kedua pelaku melakukan pencurian dimesjid  yang terletak di Megang Sakti,” tambahnya. 
 
Barang bukti yang berhasil diamankan berupa, 

 

  • 1 (Satu) buah Tas 
  • 1 (Satu) buah Tang
  • 1 (Satu) buah obeng
  • 1(Satu) buah Tang ganjip
  • 1 (Satu) Unit R2 
  • Uang pecahan sebanyak 150.000(Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

 

 
” Kedua Pelaku diamankan di Polsek Muara Kelingi guna proses penyidikan, ” pungkasnya.(fdy/adv) 
loading...

Comment

Berita Lainnya