Home / Berita / FJPI Riau Diskusi Politik dengan Legislator Perempuan Ria

FJPI Riau Diskusi Politik dengan Legislator Perempuan Ria


PORTALBUANA.COM. PEKANBARU – Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Riau gelar diskusi politik dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Ade Hartati MPd. Diskusi mengusung tema ‘Perempuan dan Politik, Kuota 30 Persen Apakah sudah Terpenuhi?’. 
Dalam diskusi yang dihadiri hampir seluruh pengurus FKPI Riau dan berlangsung akrab, Ade Hartati, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) mengakui bahwa secara regulasi undang-undang, keterwakilan perempuan di ranah politik 30 persen sudah diakomodir. “Tapi sayangnya regulasi itu tidak mengikat. Perempuan belum mendapatkan porsi dan posisi yang strategis. Perempuan hanya masih dianggap sekedar ‘pelepas tanya’ saja untuk memenuhi ketentuan yang diamanahkan undang-undang,” ujar anggota komisi V ini.




Berangkat dari kondisi ini, Ade menyebutkan pihaknya akan menginisiasi pembentukan Kalkus Perempuan Riau. Dimana di dalamnya nanti akan dibentuk desk pilkada perempuan-perempuan Riau yang ingin mencoba merambah ranah politik.

“Kalkus Perempuan ini membawa peran antara lain, mengadvokasi perempuan dalam berpolitik. Perempuan perlu diperkuat ketika berada di ranah politik. Karena kalau tidak, perempuan rentan diberlakukan tidak adil,” papar legislator dari Daerah Pemilihan Pekanbaru ini.
Dari diskusi tersebut, disepakati, FPJI bersama Ade Hartati akan membentuk Kampung Binaan. Terhadap kampung binaan ini, FPJI akan membina menjadi kampung yang berdaya dan mandiri. 
Adapun calon kmapung binaan adalah, kampung atau kelurahan yang paling rentan terhadap masalah sosial. Seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak, banjir, kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.  *

About Portal Buana

Leave a Reply

x

Check Also

Bupati Padang Pariaman targetkan jembatan Lubuk Tano bisa dilalui kendaraan roda dua mulai minggu depan.

Portalbuana.com. (Padang Pariaman). Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mentargetkan jembatan Lubuk Tano Kecamatan ...

Translate »
%d bloggers like this: