Berita

Halal Bi Halal Gebu Minang Jawa Timur Berjalan Dengan Sukses

 

 
PORTALBUANA.COM SURABAYA Jum’at 20/07/2018. Pelaksanaan Halal Bi Halal Gebu Minang Jatim 15 Juli 2018 berjalan dengan sukses dan lancar. Hal tersebut berkat dari kerja keras dan kebersamaan seluruh panitia serta tidak terlepas dukungan penuh seluruh pengurus GMJT maupun masyarakat minang yang ada di Jatim, simpatisan maupun  IKM dibawah naungan Gebu Minang Jawa Timur. Bagaikan lautan manusia, Rumah Gadang Minangkabau Jatim “baralek gadang”, dari berbagai penjuru negeri, perantau minang mendatangi Rumah Adat kebanggaan “urang awak” yang terletak dijantung kota Surabaya itu. 
 
Adapun salah satu menjadi magnet Rumah Gadang Minangkabau bagi perantau Minang adalah bentuk arsitekturnya yang unik dan persis sama dengan yang aslinya di Kerajaan Pagaruyung Sumatera Barat, sehingga menjadi bagi warga Minang dimanapun berada. 
 
Disamping itu bangunan ini menjadi satu-satunya Rumah Adat yang mewakili suku-suku dari Pulau Sumatera yang berada di Jawa Timur. 
 
Namun yang lebih penting dari itu semua adalah bagaimana dengan adanya kegiatan halal bi halal ini telah terpecahkan isu-isu miring selama ini bahwasan Ormas Gebu Minang hanya sebatas perkumpulan orang-orang kaya Minang dan sukses saja. 
 
Hal tersebut dibuktikan dengan hadir dan berkumpulnya  semua lapisan masyarakat,saling bercanda ria, bercerita, bernyanyi dan serta berjoget dalam alam permainan Kesenian Interaktif Minang (KIM). 
 
Terlihat, mereka semua seakan meluapkan rasa kangen dan rindu dengan kampungya masing-masing yang Nun jauh di Sumatera Barat. Kita berharap tentunya kekompakkan yang sudah 
tercipta ini dapat terjaga dengan baik, dalam setiap acara apapun GMJT kedepannya.
 
Acara yang tampak dihadiri oleh undangan yang berasal dari beraneka ragam latar belakang pendidikan, pekerjaan dan suku itu, tampak senang dan terkagum dengan persatuan dan kekompakkan orang Minang yang berada di Perantauan. 
 
Tamu undangan terhormat itu diantaranya Gubernur Jawa Timur yang diwakili Ja’far Sodiq, M.Ph, Asisten III bagian aset Pemko Surabaya Ir. Irdiansyah (asal Sumbar), mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol (Purn) Drs.Herman Hidayat, SH,MH.MM. Selain itu juga tampak hadir, Kepala Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama Edwin (mantan Ikatan Remaja Minang/IRMIT. 
 
Selain tokoh militer & Polri, kaum  akademisi (guru besar) dari beberapa Perguruan asal dari Sumatera Barat,pengusaha, ASN dan Alim Ulama,Ninik Mamak dan kaum cerdik pandai juga tampak menghiasi pertemuan Akbar setiap tahun itu. 
 
Dengan suksesnya kegiatan silahturahim Halal Bi Halal ini tentu rasa terimakasih yang tidak terhingga kita berikan kepada Ketua Umum Yayasan Gebu Minang berserta jajarannya.
 
Ketua Umum GMJT dan kepengurusannya serta seluruh panitia HBH yang sudah berkerja keras dengan segenap kemampuannya. Terkhusus juga kepada perkumpulan Nan Mudo dan Ikatan Mahasiswa Minang 
 
(Imami) Jatim sebagai tonggak estafet penerus kepengurusan GMJT kedepannya. Tak terlupakan juga rasa bangga dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada simpatisan serta seluruh warga minang Jawa Timur yang telah mendukung dan mensukseskan HBH 2018 
 
ini. Semoga Gebu Minang Jawa Timur terus semakin Jaya dan Sukses dalam setiap kegiatan apapun, persatuan dan kesatuan 
tambah kokoh diantara kita, Aamiin Ya Allah.(Zulkifli)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU

To Top
Translate »