Berita

Kades Jiken Drs. Sutomo : Dana Desa Sangat Menunjang Pembangunan Masyarakat

Kades Jiken Drs. Sutomo
PORTALBUANA.COM—Sidoarjo , Kepala Desa Jiken Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo Drs. Sutomo mengatakan, bahwa tahun 2018 Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat sebesar Rp. 700 juta, lebih kecil daripada tahun sebelumnya yakni 800 juta. Menurutya penurunan anggaran dana desa yang diterimanya tersebut dapat dimakluminya, “kita berprasangka positif saja, mungkin  desa yang lain di Indonesia banyak yang membutuhkan pembangunan fisik dari kucuran dana tersebut, jadi pemrintah mencoba membaginya dengan adil sesuai kebutuhan. Selain itu, semua desa yang ada di kecamatan Sidoarjo ini juga mengalami penurunan kok, “jadi bagi kami itu hal yang biasa saja, “terang Pak Kades pilihan warganya itu.

 

Dijelaskan, pemanfaatan Dana Desa sudah sesuai Juklak dan Juknis yang ditetapkan Kementerian Desa yaitu  pemberdayaan masyarakat dan pembangunan manusia seutuhnya. Pemberdayaan masyarakat diantaranya memberikan pelatihan kerja kepada pemuda 
 
usia kerja, PKK, Karang Taruna, serta pendidikan (sekolah).Selanjutnya untuk pembangunan manusia seutuhnya terbagi dua yakni  fisik dan rohani. Untuk fisik diantaranya kita telah melaksanakan pembangunan POS RT 4 RW I, membuat pagar kantor desa, pendampingan jalan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSt, melanjutkan pembagunan POS RT 2/RW 2, membangun Parseban makam (Pendopo, red) serta pembangunan Gapura RT 5 RW 3.
 
Selanjutnya, untuk pembangunan rohani dan mental, yaitu dengan mengaktifkan pengajian rutin Al-Firdaus serta mendukung kegiatan remaja masjid maupun kegiatan keagamaan ditengah masyakat, “Alhamdulillah Dana Desa cukup banyak membantu pembangunan ditengah masyarakat, dan semua pengeluaran anggaran tersebut dapat kami pertanggungjawabkan, “terang orang nomor satu di desa Jiken tersebut.
 
Lebih jauh disampaikan, kendala yang dihadapi dari penggunaan ADD 700 juta ini, yakni pelaksanaan program Bimtek bagi pegawai desa belum berjalan maksimal karena terbatasnya anggaran. Selain itu, Kades ini juga menyayangkan fungsi Sarjana Pendamping Lokal Desa (PLD) yang belum terlalu pro aktif membantu mengawal pemanfaatan dana desa. “Untuk itu kami berharap 
kepada PLD yang sudah ditunjuk dan dan ditugaskan Kementerian Desa di tempat kami (desa Jiken) agar menunaikan tugasnya dengan sebaik-baiknya.”ujar pria yang cukup ramah dengan awak media ini.(Zul)  
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU

To Top
Translate »