Berita

Persaingan antar Calon Anggota Legislatif Caleg PKB Dapil Sumbar 2 Sangat Ketat


Portalbuana.com. (Padang Pariaman)—Persaingan antar Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daerah Pemilihan Sumbar 2 (Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman) sangat ketat. Beberapa jam menjelang berakhirnya masa pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat Selasa (17/7/2018) malam, kader PKB sendiri Armaidi Tanjung harus tersingkir.
Sedangkan Dedi Edwar yang mengundurkan diri dari  Ketua DPC Hanura Kabupaten Padang Pariaman langsung diloloskan menjadi caleg PKB dapil Sumbar 2.
Ada lima nama yang bersaing ketat di dapil Sumbar 2 ini. Masing-masing Sekretaris DPW PKB Firdaus, Syafri (curu) dan Ali Nusir yang keduanya anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Dedi Edwar dan Armaidi Tanjung. Kursi di dapil Sumbar 2 hanya 7, dengan pembagian kuota 3 orang perempuan. Artinya hanya 4 dari laki-laki.
Sekretaris DPC PKB Padang Pariaman Afredison, Rabu (18/7/201), membenarkan Syafri  dan Ali Nusir yang pada Pemilu 2014  diusung DPC PKB kini tidak memasukan berkas caleg ke PKB. Keduanya dikabarkan maju sebagai Caleg di DPW PKB Sumbar.
Dedi Edwar yang dihubungi terpisah menyebutkan, memang sebelumnya sudah berniat maju di PKB. Setelah dikomunikasikan dengan  Ketua DPW PKB Sumbar, ternyata diterima.  
Armaidi Tanjung yang dihubungi membenarkan dirinya tidak masuk dalam pendaftaran caleg PKB ke KPU. “Sebelumnya, Selasa (3/7/2018) Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt. Bangso  di ruangannya disaksikan Sekretaris PKB Sumbar Firdaus, Febby menulis langsung dengan tangannya sendiri nama saya di nomor urutan 7. Ternyata dalam proses lanjutannya, tidak didaftarkan walaupun berkas yang dibutuhkan sudah disiapkan dan diserahkan,” kata Armaidi.
Dikatakan Armaidi, Selasa (17/7/2018) malam menjelang pendaftaran ke KPU, bersama Wakil Ketua Dewan Syuro PKB Sumbar Azwandi Rahman, Febby dan Firdaus sebagai ketua dan sekretaris DPW PKB Sumbar yang ditemui di ruang kerjanya tidak dapat meloloskan. Sekalipun Azwandi sudah memberikan garansi agar bisa diloloskan.
Menurut Armaidi, pada Pemilu 2014 lalu dirinya meraih suara terbanyak diantara 7 caleg PKB dapil Sumbar 2, yakni 2.777. Dari tujuh caleg pada Pemilu 2014, hanya dirinya yang kembali mendaftar. Selain itu, untuk memenuhi kuota perempuan, dua orang caleg perempuan diantarkan ke DPW PKB. Satu diterima Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu Iswandi Mukhtar dan satu lagi Sekretaris DPW PKB Firdaus.
Armaidi mulai aktif di PKB sejak tahun 2001. Meski pernah ditawari beberapa partai lain, dirinya tetap konsisten di PKB. Pernah menjabat Sekretaris dan Wakil Ketua DPW PKB Sumbar, serta Wakil Sekretaris PW NU Sumbar. Kini Wakil Ketua  DPC PKB Padang Pariaman.  (amir/zulkifli)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU

To Top
Translate »