by

Ramadhan Adalah Syahrul Muhasabah, Bulan Bercermin Diri

 
Muhasabah : illustrasi
PORTALBUANA.COM – RENUNGAN, Ramadhan merupakan satu sarana dan momentum istimewa bagi setiap orang beriman untuk bermuhasabah dan bercermin diri, dengan muhasabah kita bisa mengetahui tingkat keimanan, kualitas ketaqwaan kepada Allah Ta’ala, dan kadar kerinduannya pada kehidupan ukhrawi yang bahagia.
 
Melalui cermin Ramadhan, seseorang bisa menguji diri dan hatinya, untuk mengetahui sudah berada di tingkat apakah ia? Apakah tingkat iman dan taqwanya masih tetap berada di tingkat dasar: zhalimun linafsih (aniaya terhadap diri sendiri), atau sudah naik ke tingkat menengah: muqtashid (pas-pasan, sedang-sedang saja, dan dalam batas minimal aman dan selamat), atau alhamdulillah sudah sampai di tingkat tinggi: sabiqun bil-khairat (pelopor dan terdepan dalam berbagai kebaikan).
 
 
Sebagai Firman Allah dalam Al Qur’an surat Al Fatir ayat 32 , terjemahannya berbunyi 
 
“Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada golongan yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada kelompok pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang selalu di depan dalam berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar” (QS. Faathir: 32).
 
Bercermin diri atau muhasabah di bulan ramadhan ini ada fase fase nya..
 
Bercermin Diri Menjelang Ramadhan
 
Hendaknya bertanya kepada diri kita masing-masing, bagaimana sikap hati dan diri kita dalam menyongsong dan menyambut Ramadhan? Bagaimana ketika kita tahu bahwa Ramadhan sudah semakin dekat dan telah di ambang pintu? Apakah hati kita merasa berat karena akan bertemu dengan bulan beban yang serba memberatkan, merepotkan dan mengekang kebebasan? Atau tidak merasa berat, tapi sikap hati kita biasa-biasa dan santai-santai saja? Atau hati serasa berbunga-bunga karena demikian rindunya ingin segera bersua dengan kekasih hati, sang tamu agung nan mulia, yang senantiasa ditunggu-tunggu kehadirannya?

YUK FOLLOW

Pesan Ustaz Arifin Ilham sebelum Wafat

Innalillahi wainnailaihi rojiun. Ustaz Arifin Ilham wafat, Rabu 22 Mei 2019 di usia 49 tahun. Pendiri Majelis Az-Zikra ini sempat berpesan via video soal ajal dan sedekah.

Comment

Berita Lainnya