Berita Terkini

“SEKALI INI SAYA LIHAT WALIKOTA PADANG SUNGAI “

PORTALBUANA- PADANG, – Warga Tabing Runtuh, Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji kaget begitu melihat Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo datang ke daerahnya, Senin (27/6) pagi. Begitu tiba, Walikota langsung turun ke sungai Batang Kuranji. Walikota menyisiri sungai. Derasnya arus sungai dilalui bersama rombongan.

Sesekali Walikota melompati batu besar yang teronggok di tengah sungai Batang Kuranji. Hingga akhirnya Walikota sampai di seberang.
“Sekali ini saya melihat Walikota masuk sungai,” celetuk Man, pekerja yang sedang mengambil sirtukil di sungai itu.

Man dan pekerja lain terlihat cukup kaget dengan kedatangan Walikota Padang. Begitu sampai di sungai, Walikota langsung melompati bebatuan dan menyeberangi derasnya arus sungai. “Wah, seperti berlari saja Pak Walikota di sungai ini,” tambah Af, pekerja lain.

Sebelum turun ke sungai, Walikota mendapat laporan dari warga bahwa tebing sungai telah mulai terkikis. Ini diakibatkan pengerukan sungai tanpa izin yang dilakukan. Karena itu Walikota langsung melihat kondisi sungai Batang Kuranji bersama Camat Kuranji, Rachmadenny Dewi Putri, Sekcam Kuranji Yoga Natasha Amin dan perangkat kerjanya.

“Batang Kuranji cukup memprihatinkan. Terjadi penggerusan sehingga sungai sudah melebar,” kata Walikota.

Menurut Walikota, hal ini perlu dikendalikan sehingga sungai dapat terjaga. Walikota menyebut, pengerukan sungai yang dilakukan masyarakat perlu dikendalikan dengan bersinerginya antara Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben).

Walikota melihat, pengerukan yang dilakukan warga cukup membahayakan. Bahkan ada tebing yang mengikis dapur rumah warga. Pengerukan tidak saja dilakukan menggunakan alat manual, tetapi juga dengan alat berat.

Disebutkan Walikota, saat ini pengendalian banjir memang tengah dilakukan di Batang Kuranji. Pembangunan cek dam tengah dikerjakan. Diestimasi cek dam akan selesai pada 2017 nanti. “Dengan itu kita harapkan air sungai akan terkelola dengan baik dan tidak membawa resiko kepada masyarakat,” ujar Mahyeldi.(Charlie / Faisal / Bustam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU

To Top
Translate »