Berita

Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Prov Sumbar Kunjungi Desa Bato Pariaman

 

 
PORTALBUANA.COM PARIAMAN Selasa 31/07/2018. Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018 diketuai Ny. Nevi Irwan Prayitno beserta rombongan, lakukan kunjungan lapangan dan Penilaian terhadap kader Posyandu Batovia di Desa Bato, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Senin (23/7/2018).
 
Penilaian disaksikan juga Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis bersama pengurus PKK Kota Pariaman, Kepala DPM Kota Pariaman Efendi Jamal, Camat Pariaman Timur Hendri serta Pengurus PKK Kecamatan Pariaman Timur.
 
Adapun kader posyandu dinilai tersebut Reffy Yarni, yang mampu menggerakkan Posyandu Balita dan Posyandu Lansia (Lanjut Usia) di Desa Bato secara aktif dalam membantu pelayanan terhadap masyarakat yang telah meraih Juara I tingkat Kota Pariaman sehingga di usulkan untuk ikut lomba tingkat Provinsi Sumbar.
 
Asisten II Bidang Perekonomian Yandri Leza, mengatakan terpilihnya Reviyani sebagai Kader Posyandu “Batovia” Desa Bato untuk mewakili Kota Pariaman di Tingkat Provinsi Sumatera Barat itu berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi dari Tim Kota Pariaman, sehingga terpilih sebagai yang terbaik tingkat Kota Pariaman mengalahkan kader desa lain yang ada di Kota Pariaman.
 
” Posyandu merupakan wadah peran masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar dan gizi masyarakat guna mendukung dan membina pelayanan kesehatan dasar yang merata dan terjangkau,” tambahnya.
 
Lebih jauh Yandri Leza  melanjutkan, peran Posyandu sebagai wahana pelayanan dari berbagai program yang ada, perlu lebih  kita intensifkan dengan pembinaan posyandu oleh Pokjanal Posyandu di Tingkat Kota dan Kecamatan serta pembinaan oleh Pokja Posyandu di Desa/Kelurahan dibawah kepemimpinan Kepala Desa/Lurah sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan kegiatan Posyandu.
 
Yandri Leza berharap dengan diadakannya lomba ini, peran kader Posyandu lebih ditingkatkan lagi, terutama dalam mengintegrasikan pada Program Bina Keluarga Balita (BKB) dan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sehingga tercapainya tujuan kesejahteraan keluarga dan kesehatan keluarga dalam menunjang pembangunan Kota Pariaman.
 
Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno mengatakan kegiatan lomba dan penilaian ini adalah salah satu bentuk upaya Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) yang bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Se-Sumatera Barat.
 
Ia menilai peran kader posyandu sangat besar dalam mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk kesehatan. Sekaligus posyandu memberikan sumbangan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.
 
“Kegiatan ini bukan hanya untuk penilaian saja, namun juga meliputi upaya pembinaan kita dari Pemerintah bersama PKK secara bersama-sama dengan kader posyandu, dengan harapan mampu memotivasi dan meningkatkan prestasi kader Posyandu dan PAUD ke depannya, serta meningkatkan sinergitas kerja sama dengan pemerintah,” singkatnya.
 
 “Intinya seberapa jauh peran kader dalam mengoptimalkan kinerjanya, sehingga keberadaan posyandu dirasakan manfaatnya dalam pemantauan, perawatan kesehatan ibu dan anak sedari dini,” tutup Ny. Nevi.
 
Penilaian kader ini juga terkait partisipatif dinas terkait secara aktif dalam melakukan pembinaan posyandu, serta dukungan dari aparatur Pemerintah Desa dan Perangkat Desa serta masyarakat dalam berpartisipasi membangun dan mengunjungi posyandu.[amir/zul]
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERBARU

To Top
Translate »